Berapa Lapis Kabel Fiber Optik ? Nih Penjelasannya!

Kabel Fiber Optik adalah komponen penting dalam infrastruktur jaringan yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dalam bentuk data. Kabel tersebut terdiri dari beberapa lapisan yang berfungsi untuk melindungi serat optik dan menjaga integritas sinyal yang ditransmisikan. Dalam Sekarang kita akan membahas berapa lapisan umum yang terdapat pada kabel Fiber Optik dan fungsi masing-masing lapisan tersebut.

Inti Serat Optik (Core)

Lapisan inti serat optik merupakan bagian terdalam dari kabel Fiber Optik. Inti serat optik berfungsi sebagai saluran utama untuk mentransmisikan sinyal cahaya. Diameter inti serat optik dapat bervariasi, tergantung pada jenis kabel Fiber Optik yang digunakan. Inti serat optik biasanya terbuat dari kaca atau plastik dengan indeks bias yang tinggi, sehingga memungkinkan cahaya untuk terperangkap dan dipancarkan melalui serat dengan sedikit atau tanpa kehilangan sinyal.

Kepingan Optik (Cladding)

Kepingan optik atau cladding adalah lapisan yang melapisi inti serat optik. Cladding memiliki indeks bias yang lebih rendah daripada inti serat optik, sehingga memungkinkan cahaya yang dipancarkan dari inti untuk tetap terperangkap di dalam serat. Prinsip ini dikenal sebagai hukum pantulan total internal, di mana sinyal cahaya dipantulkan kembali ke dalam serat dan terus bergerak maju menuju ujung kabel.

Lapisan Buffer (Coating)

Lapisan buffer adalah lapisan pelindung yang berfungsi untuk melindungi inti serat optik dan cladding dari kerusakan fisik. Lapisan buffer terbuat dari bahan yang fleksibel, seperti plastik atau teflon, yang melindungi serat optik dari tekanan, gesekan, dan kelembaban. Lapisan buffer juga membantu dalam menjaga lintasan serat optik yang tepat dan melindungi serat dari goresan atau kontaminasi.

Kabel Kekuatan (Strength Member)

Kabel kekuatan atau strength member adalah lapisan yang memberikan kekuatan dan kekakuan struktural pada kabel Fiber Optik. Kabel kekuatan biasanya terdiri dari serat atau benang kekuatan yang ditempatkan di sekitar lapisan buffer. Fungsinya adalah untuk memberikan kekuatan tarik dan melindungi serat optik dari tegangan atau tekanan yang berlebihan selama instalasi atau pemeliharaan kabel.

Lapisan Pelindung Luar ( Outer Jacker )

Lapisan pelindung luar merupakan lapisan terluar kabel Fiber Optik yang berfungsi untuk melindungi seluruh kabel dari kerusakan fisik, kelembaban, dan elemen lingkungan eksternal. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan yang tahan terhadap cuaca dan korosi, seperti PVC (Polyvinyl Chloride) atau LSZH (Low Smoke Zero Halogen). Lapisan pelindung luar juga membantu dalam menjaga integritas dan keandalan koneksi serat optik.

Kesimpulan

Kabel Fiber Optik terdiri dari beberapa lapisan yang masing-masing memiliki fungsi penting dalam melindungi dan menjaga integritas serat optik serta sinyal yang ditransmisikan. Lapisan inti serat optik, cladding, lapisan buffer, kabel kekuatan, dan lapisan pelindung luar bekerja sama untuk memberikan perlindungan fisik, menjaga keandalan koneksi, dan melindungi serat optik dari kerusakan. Dalam penggunaan sehari-hari, kabel Fiber Optik dengan lapisan-lapisan ini digunakan untuk memastikan transfer data yang cepat, andal, dan berkualitas tinggi dalam infrastruktur jaringan modern.

Leave a Comment